Home » , , , , » Manfaat Asam Lemak Omega 3 Untuk kesehatan

Manfaat Asam Lemak Omega 3 Untuk kesehatan



Apa asam lemak omega-3?
Omega-3 sebenarnya asam yang diperlukan tubuh kita untuk fungsi sehari-hari yang efektif. Ada tiga jenis asam lemak omega 3, yaitu:

-- DHA (Deoxyribonucleic acid)
-- EPA (Eicosapentaenoic acid)
-- ALA (Alpha-linolenic acid)

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsentrasi tertinggi asam lemak DHA dan EPA dapat ditemukan pada ikan yang hidup di air dingin atau pada ikan seperti: salmon, mackerel dan tuna.

asam lemak ALA dapat ditemukan di beberapa buah-buahan hazel dan minyak nabati tertentu. Penting lagi adalah bahwa tubuh mengubah asam ALA menjadi asam DHA dan EPA.

Bagus bagi tubuh dan jantung.

Selama sepuluh tahun terakhir, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko komplikasi jantung. Juga, penelitian telah menunjukkan bahwa laki-laki dengan tingkat terendah dari omega-3 dalam darah mereka memiliki 81% lebih mungkin mengalami penghentian tiba-tiba detak jantung (serangan jantung), dari orang-orang yang memiliki tingkat darah tinggi omega-3 asam.

Asam Omega -3 membantu dalam pekerjaan liver kita, dengan cara yang:

  • Menurunkan tingkat trigliserida.
  • Menurunkan tingkat tekanan darah tinggi
  • Mengurangi risiko serangan jantung.


Omega-3 yang berguna untuk tubuh. Misalnya, mereka dapat membantu dalam beberapa peradangan, seperti arthritis atau nyeri pada siklus menstruasi, juga mereka berguna bagi orang-orang yang menderita osteoporosis.

Omega-3 memiliki efek menguntungkan pada kesehatan mental. Penelitian telah menunjukkan bahwa depresi adalah lebih umum pada orang yang mengkonsumsi jumlah kecil atau tidak sama sekali dikonsumsi omega-3 asam lemak. Saat ini banyak ahli menggunakan program yang mencakup lemak omega-3 dalam rangka meningkatkan pasien kesehatan mental.

Individu yang menderita anoreksia memiliki tingkat asam lemak yang sangat rendah dalam diet mereka.

"kelebihan lemak" berarti penurunan berat badan?

Omega-3 tidak hanya baik untuk kesehatan umum kami, tetapi juga dapat meningkatkan hasil diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan dengan bantuan latihan dan diet, mereka dapat lebih mengontrol gula darah dan kolesterol, jika asam lemak omega-3 adalah bagian dari diet mereka.

Berapa banyak omega-3 harus dimasukan dalam diet?

Para ahli merekomendasikan setiap hari untuk memasukkan minimal 500 mg. Lemak omega-3. Cara terbaik adalah ikan, terutama "lemak", menjadi bagian dari diet kita.

Catatan: Perlu diingat bahwa beberapa jenis ikan dapat mengandung kadar tinggi dari senyawa yang tidak cocok untuk wanita yang berencana untuk hamil, sudah hamil, atau mereka yang memiliki menyusui bayi / anak kecil.